Rabu, 13 Juni 2012


Cara Perawatan Aki Kering Yang Benar


Cara Perawatan Aki Kering Yang Benar, Aki adalah komponen penting yang diperluakan bagi motor. Sebuah motor membutuhkan sumber arus searah dari yang dihasilkan oleh aki. Jika kita melakukan perawatan rutin akan membuat aki motor tetap awet dan terjaga performanya untuk memudahkan pengguna kendaraan menyalakan motor perlu diperhatikan.
Berikut ini ada 5 Cara merawat aki motor agar tetap awet dan menjaga agar motor aki tersebut lebih tahan lama memudahkan dalam menghidupkan sepeda motor anda.
Aki Kering
Aki Kering
Berikut Cara Merawat Aki Kering Tetap Awet pemakaiannya :
  1. Jika motor didiamkan misal dalam seminggu ini akan menyebabkan aki lemah dan pengisian menjadi kurang stabil, maka usahakanlah motor sering digunakan atau paling tidak di hidupkan jika memang tidak dipakai.
  2. Gunakan lebih sering electric starter setiap harinya, kecuali untuk pertama kali memanaskan mesin di pagi hari menggunakan kick starter.
  3. Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.
  4. Selalu pantau cap kabel terminal aki agar selalu dalam keadaan tertutup, jangan dibiarkan lembab yang menyebabkan terjadi korslet.
  5. Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri  jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.
Jika anda melakukan 5 cara diatas dengan benar akan menambah awet aki kering motor anda. Perlu anda ketahui bahwa usia pakai aki kering normalnya bisa bertahan antara 2 – 2,5 tahun. Kami harap artikel diatas dapat berguna bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar