Senin, 04 Juni 2012

perawatan kaki

Kaki seringkali menjadi anggota tubuh yang paling terlantar dibandingkan anggota tubuh lainnya. Akibat perawatan dan kepedulian yang sangat minim pada kaki, kebanyakan orang kerap kali mengalami kejadian buruk seperti nyeri dan tumit yang retak.
Menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan kaki tak kalah pentingnya dengan anggota tubuh lainnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna mendapatkan kaki yang sehat dan terawat :
  • Kebersihan kaki adalah hal utama yang harus Anda perhatikan. Jika Anda menjaga kebersihan anggota tubuh lainnya, berikan perhatian serupa pada kaki Anda. Saat mandi, berikan kaki Anda scrub atau sabun, sehingga kuman dan bakteri tidak terakumulasi.
  • Bersihkan kaki Anda setiap kali Anda melepas sepatu. Pastikan kaki Anda bersih dan tetap terjaga kelembapannya
  • Jika tumit kaki Anda retak dan kotor, lakukan pedikur di rumah setidaknya dua minggu sekali. Letakkan kaki Anda pada air hangat yang telah diberi campuran garam. Setelah kulit terasa lembut, gosok telapak kaki Anda dengan batu apung. Cara ini dapat menghilangkan bakteri yang bersarang di kaki Anda. Gosok kaki dengan scrub, bilas dengan air bersih dan keringkan. Setelah kering, berikan vaselin sebagai pelembap pada kaki Anda.
  • Jika Anda mengalami masalah pada tumit kaki, gunakan sepatu yang dapat menutupi tumit kaki Anda. Jangan pernah membiarkan tumit Anda terkena paparan debu. Gunakan kaos kaki pada malam hari dan beri pelembap pada kaki Anda.
  • Untuk menghilangkan belang pada kaki, gunakan bagian dalam lemon, dan usapkan pada kaki.
  • Guntinglah kuku kaki Anda secara teratur
  • Beli dan gunakan sepatu yang baik. Sepatu yang terlalu ketat dapat menyebabkan kram dan berpengaruh pada kaki.
Untuk menjaga kelembutan tumit kaki, gunakan kombinasi minyak kelapa dan wijen di malam hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar