Senin, 04 Juni 2012

"Vitamin untuk kesehatan rambut"

Protein dan mineral memang merupakan hal penting untuk kesehatan rambut. Namun, vitamin rambut tidak kalah penting guna menjaga agar rambut tetap sehat. Memang benar protein adalah zat utama dalam pembuatan rambut, tapi vitamin ikut membantu protein untuk menjaga rambut Anda agar lebih bercahaya, indah dan sehat. Kalau begitu jenis vitamin apa saja yang bisa menyehatkan rambut? Penasaran? Berikut adalah  jenis vitamin yang menyehatkan rambut:
1.   Vitamin A
Vitamin A mempunyai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak rambut Anda. Selain melindungi rambut dari kerusakan, Vitamin A juga dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala Anda. Minyak ini sangat penting dalam menjaga rambut Anda lembab dan bercahaya. Selain itu minyak rambut mampu melawan bakteri eksternal yang dapat merusak kulit kepala. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan vitamin A,  Pasalnya jika asupan vitamin A terlalu banyak dapat menyebabkan kerontokan. Usahakan tetap seimbang dalam pemberian vitamin pada rambut.
2.   Vitamin B Kompleks
Banyak bentuk vitamin B yang bermanfaat untuk rambut. Vitamin B3 (niasin) dapat mencegah penipisan rambut, kemudian vitamin B5 (asam pantotenat) dapat mencegah rambut beruban, vitamin B6 untuk pencegahan rontoknya rambut, dan vitamin B2 (riboflavin) memberikan kontribusi yang besar terhadap rambut sehat. Pastikan Anda untuk menggunakan vitamin B untuk rambut sehat Anda.
3.   Vitamin C
Vitamin C adalah solusi all in one. Para peneliti telah menemukan bahwa jumlah yang cukup untuk mengonsumsi vitamin C dalam diet dapat mencegah perubahan warna dan rambut rontok. Ini meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Vitamin C juga memastikan kulit kepala sehat. Konsumsi Vitamin C sesuai takaran yang direkomendasikan.  Karena kelebihan Vitamin C sisanya akan dibuang pada saat Anda buang air kecil.
4.   Vitamin E
Walaupun Vitamin E dikenal sebagai vitamin kulit, tetapi banyak manfaat juga untuk rambut. Sebagai antioksidan, vitamin E memberikan kontribusi untuk kesehatan rambut secara keseluruhan dengan memerangi radikal bebas yang berbahaya. Selain itu Vitamin E juga dikenal untuk membantu dalam produksi dan perbaikan sel-sel rambut agar tumbuh lebih cepat, bahkan dapat membantu mencegah ketombe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar